Home » Belajar Excel Online » Tip & Trik » Tabel Excel Berantakan ? Begini Cara Merapikannya Secara Otomatis

Tabel Excel Berantakan ? Begini Cara Merapikannya Secara Otomatis

posted in: Tip & Trik

Adalah sangat menjengkelkan saat kita menerima data excel dari orang lain, khususnya yang berupa tabel excel, data tersebut berantakan dan tidak karuan dilihat. Bila mendownload pada website dengan format data csv, biasanya sebagian kolom seringkali tidak terlihat tulisannya. Untuk format dalam bentuk angka, nilai yang terlihat dalam tampilan excel adalah berupa tanda ### (pagar). Terlebih jika kita ingin menyajikan data tersebut kepada manajemen. Data tabel yang tidak rapi membuat kita merasa tidak nyaman. Sebagian besar bagi kalangan pemula di bidang excel, merapikan tabel dalam excel adalah dengan cara satu persatu. Banyak yang belum tahu bagaimana cara yang cepat untuk merapikan table excel yang berantakan. Pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara merapikan tabel data excel. Sebelum kita membahas lebih lanjut ada baiknya mempelajari terlebih dahulu tentang Tabel Excel

Apa Itu Tabel Excel

Tabel Excel mulai diperkenalkan pada Excel 2007. Sebenarnya pada excel 2007 ke bawah (seperti excel 2003), Tabel excel sudah ada, namun kita perlu membuatnya secara manual dengan menggunakan Format Cells dan Garis di excel. Pada excel 2007, kita dapat membuat data tabel secara otomatis.

Data tabel menyediakan berbagai fitur untuk menganalisis dan melakukan pengolahan data secara otomatis dan efektif. Auto filter dan pengurutan kolom pun dapat dilakukan secara otomatis.

Cara Membuat Tabel Excel

Untuk membuat tabel dalam excel (gunakan excel di atas Excel 2007) berikut caranya :

  • Pilih salah satu sel yang akan dibuatkan tabelnya
  • Pada Tab Excel pilih Insert
  • Lalu pilih ribbon Table dan klik dengan menggunakan mouse kiri
  • Pilih ceklist My table has headers jika sudah memiliki judul pada masing – masing kolom, dan jangan di ceklist jika belum memiliki judul pada masing – masing kolom
Shortcut untuk membuat tabel data adalah dengan menekan tombol Ctrl + T pada keyboard.
tabel excel
membuat table excel

Untuk merubah warna pada baris Excel Table, dapat dilakukan dengan cara :

  1. Posisikan cursor pada tabel
  2. Akan muncul tab Design
  3. Pilih warna yang diinginkan
tabel excel warna
excel tabel

Selain dengan cara di atas kita dapat melakukan dengan cara memilih tab Home lalu klik Format as Table pada ribbon atau menekan tombol Ctrl + T pada keyboard.

Kekurangan Menggunakan Tabel Excel

Ada beberapa kekurangan dari penggunaan Auto Tabel diantaranya yaitu:

  • Tabel data Excel tidak akan secara otomatis menambahkan saat sheet diproteksi, meskipun beberapa sel dalam tabel tidak di kunci
  • Tidak dapat melakukan pengelompokan (group), menggandakan (copy) sheet, memindahkan (move) sheet ketika dalam sheet tersebut terdapat Tabel data
  • Kustomisasi tampilan tidak dapat dilakukan saat lembar kerja (sheet) terdapat lebih dari 1 Tabel Data

Keuntungan Menggunakan Tabel Excel

Segala sesuatu mesti ada kelebihan dan kekurangan. Setelah membahas bagian kekurangan Tabel Excel, di bawah ini adalah keuntungan dari penggunaan Tabel Excel :

  • Warna per baris secara otomatis memudahkan mata untuk melihat data tabel
  • Rumus Sum, Count, Max. Min, dan Average secara otomoatis muncul di bagian bawah kolom
  • Rentang tabel dapat menyesuaikan apabila kita menghapus atau menambahkan kolom atau baris
  • Pada penggunaan pivot tabel, rentang sel secara otomatis akan menyesuaikan bila ada penambahan data atau penghapusan data

Tombol – tombol pada tab Design

Umumnya dalam melakukan sorting a-z (atau sebaliknya) dan filtrasi data, dilakukan dalam beberapa langkah. Tombol – tombol yang ada pada tab Design sangat memudahkan untuk melakukan pekerjaan filtrasi data. Berikut penjelasan dari masing – masing tombol yang ada pada tab Design

– Header Row :

Berfungsi untuk menghilangkan atau memunculkan judul pada tabel. Apabila ceklis pada Header Row di nonaktifkan maka header akan kosong dan ceklis pada Filter Button akan nonaktif.

tabel excel header row
Header Row

– Filter Row

Secara default, saat Header Row nonaktif maka Filter Row juga nonaktif. Namun ketika Headr Row aktif, maka Filter Row dapat dinonaktifkan. Filter Row adalah fungsi tombol untuk menonaktifkan filter pada data tabel.

– First Column :

First Column ketika diaktifkan akan memberi cetak tebal (Bold) pada kolom pertama tabel

tabel excel column
First Column

– Total Row :

Menjumlahkan secara otomatis baris pada kolom apabila Total Row aktif. Jika pada kolom yang berupa hitungan dipindah ke kolom sebelumnya, maka perhitungan Total Row akan berpindah mengikuti kolom hitungan tersebut. Simak animasi di bawah ini :

tabel excel row
Total Row

– Banded Row

Berfungsi untuk memberi warna pada baris. Saat diaktifkan maka warna antar baris akan berselang seling.

– Last Column

Sama halnya seperti First Column, Last Column memberi cetak tebal pada kolom terakhir pada tabel.

– Banded Column

Banded Column sama dengan Banded Row, namun fungsinya untuk memberi warna berselang pada kolom.

Menghitung Data Tabel dengan mudah

Manfaat lain dari penggunaan data tabel pada excel adalah kemudahan dalam melakukan perhitungan secara otomatis. Satu rumus yang dimasukkan ke dalam sel, maka akan berpengaruh terhadap sel lainnya dalam kolom file excel tersebut. Jika ada penambahan judul pada baris (header), maka tabel akan terbentuk secara otomatis.

tabel excel kolom
Tambah kolom

Saat melakukan penjumlahan pada baris, data tabel akan secara otomatis menghitung baris di bawahnya, sehingga kita tidak perlu meng-copy sel tersebut ke bawah.

tabel excel calculation
auto calculation data table

Menambahkan dan Menghapus Baris Kolom pada Table

Terkadang dalam melakukan pengolahan data di excel, ada beberapa yang tidak kita butuhkan atau mungkin terdapat kesalahan data pada file tersebut. Untuk menghapus baris yang tidak digunakan, klik kanan mouse pada salah satu sel dalam tabel tersebut. Jika mengacu pada gambar delete row di bawah ini posisi cursor berada di sel B4.

Apabila yang akan dihapus baris 4 maka cukup pilih Delete > Table Rows. Namun jika yang akan dihapus adalah kolom B maka pilih Delete > Table Columns.

tabel excel delete row
delete row

Untuk menambahkan baris di atas baris 4, pilih Insert > Table Rows Above. Dan jika ingin menambahkan kolom diantara kolom A dan C, letakkan cursor pada kolom B, pilih Insert > Table Columns to the Left .

insert column

Merapikan Tabel Excel Otomatis

Mengubah Tinggi Baris

Untuk merapikan tabel excel secara otomatis, dapat dilakukan dengan cara berikut :

  1. Pilih tabel data yang akan dirapikan dengan memblok baris dari kiri hingga muncul tanda panah berwarna hitam.
  2. Pilih Home tab, dan pilih Ribbon Format.
  3. Pilih Autofit Row Height

Mengubah Lebar Kolom

Sama halnya dengan mengubah tinggi baris, lebar kolom dapat diubah secara otomatis dengan cara :

  1. Pilih tabel data yang akan dirapikan dengan memblok kolom dari atas hingga muncul tanda panah berwarna hitam ke bawah.
  2. Pilih tab Home.
  3. Pilih Ribbon Format.
  4. Setelah muncul dropdown, pilih Autofit Column Width
autofit column

Merapikan Seluruh Table Excel dengan Ctrl + A

Selain cara diatas, ada juga cara lain untuk mengubah keseluruhan table excel menjadi lebih rapi. Yaitu dengan cara menekan keyboard Ctrl + A lalu menekan salah satu pemisah kolom atau baris dengan menggunakan mouse. Anda juga dapat menekan tanda segitiga pada pojok kiri persis sebelah kolom A. Untuk lebih jelasnya silakan disimak animasi berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.