Rumus SUMIF digunakan untuk melakukan perhitungan dengan kategori tertentu dalam excel. SUMIF sendiri merupakan gabungan dari dua fungsi dalam excel yaitu fungsi SUM sebagai penjumlahan dan fungsi IF sebagai fungsi perbandingan logika. Rumus SUMIF digunakan untuk menjumlahkan beberapa kriteria dalam satu sel, sedangkan rumus SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan beberapa kriteria dari beberapa sel.
Untuk mendownload file latihan silakan disimak hingga tuntas
Penggunaan SUMIF atau SUMIFS terbagi dalam beberapa kriteria, yaitu Numeric Criteria, Text Criteria, Date Criteria, And Criteria, dan Or Criteria.
SUMIF Numeric Criteria
Numeric Criteria (kriteria angka) digunakan untuk menjumlahkan sel berdasa
rkan angka dengan kriteria angka tertentu.
Contoh berikut adalah penggunaan rumus SUMIF untuk menjumlahkan nilai dari A2:A11 dengan kriteria kurang dari atau sama dengan 5. Total jumlah sales dari A2:A10 adalah 55, namun jika dihitung penjumlahan dengan kriteria angka <=5 maka didapat nilai 1+2+3+4+5 maka hasilnya adalah = 15

Contoh selanjutnya adalah menjumlahkan nilai dari A2:A11 dengan kriteria kurang dari atau sama dengan 5, dengan menggunakan link cell A6 sebagai kriterianya dan penggunaan & sebagai operator join.

Baca Juga : Perbedaan LOOKUP VLOOKUP HLOOKUP |
Rumus SUMIF Text Criteria
Text Criteria (kriteria teks) digunakan untuk menjumlahkan sel berdasarkan teks string. Penulisan teks string harus disertai dengan tanda ” “
Contoh di bawah ini adalah menjumlahkan dari kriteria nilai sales Teknologi, dengan penulisan teks sebagai kriteria,

Contoh di bawah ini adalah penjumlahan di luar kategori Teknologi dengan penulisan lambang < >, sehingga hasil penjumlahan yang tampil adalah penjumlahan Furniture

Contoh di bawah ini adalah menjumlahkan dari masing-masing kriteria nilai sales Teknologi, Furniture dan Office Supplies, dengan A2:A11 sebagai range kriteria, range B2:B11 sebagai nilai hasil penjumlahannya, dan link cell D2 atau D3 atau D4 sebagai kriterianya


Rumus IFERROR untuk mengatasi kesalahan
IFERROR excel merupakan fungsi untuk mencegah terjadinya error saat memasukkan rumus atau suatu perhitungan di excel. Fungsi IFERROR termasuk ke … Selengkapnya

Rumus IF Excel Dasar dengan 6 Kondisi
Rumus IF dalam excel adalah untuk membuat perbandingan logika antara nilai tertentu dengan nilai lainnya dengan hasil benar atau salah. … Selengkapnya

Fungsi Rumus IF Excel Bertingkat Dengan Beberapa Kondisi
Dalam materi sebelumnya telah dibahas cara termudah untuk membuat IF adalah dengan menggunakan logika dasar JIKA dan MAKA. Setelah mempelajari … Selengkapnya

Fungsi DATEDIF untuk Menghitung Selisih Tanggal
Pada beberapa bidang pekerjaan, seperti HRD atau rumah sakit, seringkali perhitungan usia harus dihitung secara detail. Perhitungan usia ini mencakup … Selengkapnya
Leave a Reply