Home » Belajar Excel Online » Tip & Trik » Menghindari Munculnya NULL Error Excel

Menghindari Munculnya NULL Error Excel

posted in: Error Excel, Tip & Trik

Umumnya excel memiliki format yang telah ditetapkan dan hanya berfungsi ketika rumus tersebut diketik berdasarkan kaidah rumus excel. Dalam penginputan rumus excel terkadang tanpa disadari rumus tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pada situs resmi microsoft, #NULL! merupakan cara excel untuk menyatakan rumus yang dimasukkan tidak valid. Materi kali ini akan membahas penyebab dan cara menghindari munculnya NULL error pada excel.

Penyebab NULL error pada Excel

NULL dalam bahasa Indonesia dapat diartikan batal atau tidak sah. Kesalahan paling mendasar munculnya #NULL! error adalah saat kita memasukkan rumus tanpa mengikuti kaidah excel.

Tidak menggunakan pemisah syntak

Kesalahan paling umum yang menyebabkan munculnya #NULL! error diakibatkan karena pemisah syntak yang berupa titik koma ( ; ) atau koma ( , ) digantikan oleh spasi. Biasanya ini terjadi ketika dalam memasukkan rumus excel dilakukan dengan cara ketik manual.

Pada sel B5 gambar di bawah ini rumus yang dimasukkan adalah

=SUM(B2,B3,D2 D3)

null error

Pada perhitungan sel D2 dan D3 seharusnya ada pemisah syntak yang berupa koma atau titik koma. Rumus yang seharusnya adalah :

=SUM(B2,B3,D2,D3)

Setelah dimasukkan pemisah syntak maka hasil yang didapat adalah 186


Tidak menggunakan titik dua ( : ) sebagai penghubung sel range

Kesalahan lain yang menyebabkan munculnya NULL error adalah tidak menggunakan titik dua ( : ) sebagai pemisah sel range ketika melakukan perhitungan.


Contoh gambar di atas adalah kesalahan saat ingin menjumlahkan Produk A dan C hanya pada Unit 1 dan Unit 3 saja. Rumus yang digunakan di atas adalah :

=SUM(B2: B3,D2 D3)

Mengapa muncul NULL error ?

Perhatikan pada perhitungan D2 D3. Seharusnya terdapat tanda titik dua ( : ) diantara D2 dan D3 sebagai penghubung sel range pada penjumlahan. Namun tanda tersebut tidak dimasukkan. Hal tersebut biasanya terjadi karena melakukan penginputan data rumus dengan cara manual.

Rumus yang benar adalah

= SUM(B2: B3,D2:D3)

Menghindari NULL error pada Rumus Excel

Dari kesalahan-kesalahan yang terjadi di atas, sebenarnya kita dapat menghindari munculnya NULL error pada rumus excel yang kita buat dengan cara menggunakan tombol Ctrl.

Penggunaan tombol Ctrl dapat membantu menghindari munculnya NULL error. Dengan penggunaan tombol Ctrl, rumus secara otomatis akan terbentuk.

Cara menggunakan rumus dengan tombol Ctrl :

  1. Ketik =SUM
  2. Tekan tombol Tab pada keyboard
  3. Klik kiri pada cursor dan tahan
  4. Pilih sel B2 sampai B3 dengan menggunakan cursor
  5. Tekan tombol Ctrl pada keyboard
  6. Pilih sel D2 sampai D3 dengan menggunakan cursor
  7. Tekan Enter

Cara lain :

  1. Ketik =SUM
  2. Tekan tombol Tab pada keyboard
  3. Tekan tombol Ctrl pada keyboard
  4. Pilih sel B2,B3,D2,D3 dengan menggunakan cursor sambil menahan tombol Ctrl
  5. Tekan Enter

Demikian pembahasan Cara Menghindari NULL Error pada Rumus Excel. Untuk mengetahui tentang cara mengatasi error lainnya, silakan klik link materi-materi di bawah ini

Error Lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *