Home » Belajar Excel Online » Excel Dasar » Menggunakan dan Menyimpan Workbook Excel

Menggunakan dan Menyimpan Workbook Excel

posted in: Excel Dasar

Workbook : merupakan istilah lain dari excel yang merupakan buku kerja. Saat pertama kali membuka excel, maka secara default workbook excel bernama Book1-Excel.

Membuat buku kerja baru

  1. Buka aplikasi excel
  2. Pada Menu File, klik Blank Workbook
  3. Untuk membuka file excel yang sudah pernah dibuat cukup klik nama file di bawah tulisan Recent

Menonaktifkan start screen

Pada saat pertama kali membuka program Excel, akan terlihat layar (start screen) yang mencantumkan recent file dan template excel yang baru digunakan (terlihat pada gb.1) . Untuk menonaktifkan start screen lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Pada Menu File klik option
  2. Klik Menu File -> Option -> Hilangkan centang pada “Show the Start screen when this application starts
  3. Klik OK

Menyimpan workbook excel

Untuk menyimpan workbook excel setelah selesai bekerja, dapat dilakukan dengan cara menekan Ctrl + S pada keyboard, lalu pilih Save As. Setelah itu pilih Browse untuk menyimpan pada folder yang diinginkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *