Home » Belajar Excel Online » Excel Dasar » Fungsi Ribbon Tab Pada Excel

Fungsi Ribbon Tab Pada Excel

posted in: Excel Dasar

Ribbon dalam excel adalah bagian antarmuka excel yang berfungsi membantu pengguna untuk melakukan navigasi dan menemukan perintah saat menggunakan excel. Ribbon excel pertama kali diperkenalkan pada excel 2007 yang terbagi dari beberapa komponen, yaitu :

  • Ribbon Tab : Menu yang berisi beberapa perintah untuk menjalankan fungsi-fungsi excel dan terbagi menjadi beberapa grup, seperti Home, Insert, PageLayout, dan lain sebagainya. 
  • Ribbon Grup : sekumpulan perintah dari menu tab, yang di kelompokkan. Contoh : di dalam Excel 2016 pada Tab Menu Home berisi Clipboard, Font, Alignment, Number Format, Styles, Cells, dan Editing
  • Dialog Launcher : merupakan tanda panah kecil yang berada di kanan bawah dari Group Tab Menu yang berisi perintah-perintah. Dialog launcher hanya ada pada group yang berisi banyak perintah.
  • Command Button : tombol perintah 
  • Quick Access Toolbar : merupakan shortcut menu yang sering kita pergunakan
  • Ribbon Display Options : tombol untuk menampilkan atau menyembunyikan ribbon tab.

Standar Ribbon Excel dari kiri ke kanan

  • File : Tab ini diperkenalkan pada Excel 2010 sebagai pengganti tombol Office pada Excel 2007. Selain menampilkan opsi Save, New, dan Open, pada tab ini juga menampilkan Product Information dan Versi Excel.
  • Home : berisi perintah-perintah umum yang sering digunakan seperti, Copy, Paste, Formatting dan lain sebagainya.
  • Insert : biasa digunakan untuk membuat atau menambahkan object seperti gambar, grafik, special symbol, header and footer, dan lainnya. Pada tab insert juga terdapat tolls untuk menganalisa, yaitu Pivot Table.
  • Pen: Tab ini tersedia pada excel 2013 ke atas. Jika menggunakan perangkat seperti komputer atau laptop dengan touch screen, maka tab ini cukup berguna, karena pada tab ini memungkinkan pengguna untuk menggambar dengan sentuhan tangan atau mouse. 
  • Page Layout : tab ini berfungsi untuk mengatur tema, garis pada sel, margin halaman, dan area cetak untuk print.
  • Formulas : tab ini digunakan ketika  membutuhkan panduan rumus excel, name manager (untuk membuat rumus di atas rumus), dan mengatur opsi perhitungan.
  • Data : berfungsi ketika kita mengolah data dari eksternal excel seperti data dari web, data dari microsoft access, dan lainnya untuk dikoneksikan ke dalam excel.
  • Review : memungkinkan pengguna untuk memeriksa ejaan. melacak perubahan dokumen (track changes), protect worksheet excel, protect workbook, dan sharing.
  • View : tab yang berisi fungsi pengaturan halaman untuk ditampilkan dan menginput nama Macro excel.
  • Tell me more you want to do : tab ini bukan merupakan tab yang dipilih atau diklik, namun tab ini berbentuk isian yang berguna untuk membantu mencari fungsi-fungsi pada excel, seperti add a comment (menambahkan komentar pada sel), view macro, dan lain sebagainya.
  • Developer : tab yang memberi akses pada fitur-fitur khsus seperti VBA Macro, ActiveX, Form Controls, dan perintah XML. Secara default tab ini tersembunyi dan harus melakukan aktivasi tab pada menu option untuk menampilkannya.

Menyembunyikan Ribbon di Excel

Agar tampilan data excel terlihat luas, khususnya pada saat menggunakan perangkat dengan layar kecil seperti penggunaan notebook dengan layar 12 inch, anda dapat menyembunyikan ribbon tab excel dengan cara menekan tombol yang berada di pojok kanan atas sebelah tombol minimize. Atau cara lain dengan menekan tombol Ctrl+F1 pada keyboard.

Menampilkan Ribbon dan Tab

Untuk menampilkan ribbon excel beserta tab yaitu dengan cara menggeser mouse sampai paling atas, akan muncul warna hijau dengan titik tiga lalu klik kiri mouse. Maka akan muncul ribbon berserta tab excel. Apabila cursor mouse diletakkan pada sel maka ribbon beserta tab akan kembali tersembunyi.

Menampilkan Tab Tanpa Ribbon

Untuk menampilkan tab tanpa disertai ribbon, anda dapat menekan tombol Show Tabs

Menampilkan Tab Developer

Tab Developer merupakan menu excel yang berisi fitur-fitur seperti program macro, ActiveX, Form Controls dan VBA macros (Visual Basic for Applications). Tab ini secara default tersembunyi, dan untuk menampilkannya cukup dengan klik kanan pada ribbon, klik Customize the Ribbon, pilih Main Tabs, lalu centang pada Developer

Quick Access Toolbar

Quick Access Toolbar merupakan shortcut menu yang sering kita pergunakan. Untuk menampilkan menu-menu pilihan yang sering digunakan adalah dengan cara klik kiri pada tanda panah ke bawah seperti gambar di bawah ini