Home » Belajar Excel Online » Tip & Trik » Cara Mengatasi #VALUE! pada Rumus Excel

Cara Mengatasi #VALUE! pada Rumus Excel

posted in: Error Excel, Tip & Trik

#VALUE! akan muncul ketika terdapat kesalahan dalam pengetikan rumus atau pengambilan referensi sebuah data dalam excel. Di bawah ini merupakan kesalahan-kesalahan yang dapat menimbulkan #VALUE ! serta cara mengatasi #VALUE! pada rumus excel.

Fungsi #VALUE! berguna untuk memberi pernyataan bahwa ada yang salah pada hitungan atau rumusan yang kita kerjakan dalam excel.

Penyebab Error #VALUE! pada Excel

#VALUE! dalam perhitungan summary

mengatasi value

Dalam melakukan perhitungan summary dengan menggunakan rumus SUM, error #VALUE! dapat terjadi jika terdapat rumus yang mengandung #VALUE! pada perhitungan sebelumnya. Dalam contoh gambar di atas adalah error yang dihasilkan dari penjumlahan SUM dikarenakan error #VALUE! pada sel C2.


Perhitungan Number dan Text dengan Simbol Operasi Hitung Matematika

kesalahan value

Pada rumus excel bila menggunakan operasi hitung dengan simbol matematika seperti tanda tambah (+), kali (x), dan bagi (:), yang di dalamnya terdapat unsur TEXT, maka akan menghasilkan #VALUE! .
Pada contoh di atas, kolom A berisi number dan kolom B berisi text. Pada kolom C perhitungan yang dimasukkan adalah dengan mengunakan simbol operasi matematika sehingga menghasilkan #VALUE!.


Penggabungan angka dan teks dalam satu sel

Penggabungan angka dan teks umumnya ditemukan untuk menyatakan Satuan internasional. Satuan Internasional adalah penyebutan satuan panjang, berat, dan lain sebagainya. Contoh yang dimaksud disini adalah pengetikan -misal- 20 kg.

Pada kolom A contoh gambar di atas tercantum nilai 20 kg, 40 kg, dan 150 kg. Nilai 20 pada sel A2 diikuti dengan penyebutan kg.
Pada sel C2 perhitungan perkalian antara berat barang dikalikan dengan jumlah unit yang akan menghasilkan total dalam kg.

Ternyata nilai yang dihasilkan pada kolom C menjadi #VALUE!. Hal ini disebabkan adanya penggabungan number dan text dalam satu sel.


Format penulisan tanggal sebagai teks


Saat melakukan perhitungan selisih tanggal, terkadang kita tidak menggunakan format DATE melainkan hanya menggunakan format TEXT saja.

Sebagai contoh (dalam gambar di atas); jika kita mengira bahwa pada sel A2 adalah pernyataan tanggal, namun sebenarnya pada sel tersebut merupakan sebuah teks. Sehingga nilai yang dihasilkan pada sel E2 menjadi #VALUE!.

Mengatasi #VALUE! pada Rumus Excel

#VALUE! dapat terjadi saat melakukan perhitungan, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Di bawah ini adalah cara mengatasi #VALUE! yang muncul pada excel :

Menambahkan Fungsi IFERROR

Cara termudah mengatasi #VALUE! adalah dengan menambahkan fungsi IF. Pada sel C2 gunakan rumus : =IFERROR(A2*B2,””) . Setelah itu copy sel C2 ke sel C3 sampai C4. Maka nilai summary pada sel C5 akan memunculkan hasil penjumlahan total bayar.


Gunakan SUM, AVERAGE, dan PRODUCT

Pada kasus tertentu, penggunaan simbol operasi matematika seperti tanda tambah (+), bagi (:), kali (x), menimbulkan nilai #VALUE! pada hasil hitungan yang terdapat unsur TEXT. Cara agar error #VALUE! tidak muncul adalah dengan menggunakan rumus excel seperti :
SUM ; AVERAGE ; PRODUCT ;

Pada sel C2 ganti rumus =B2+C2 dengan rumus : =SUM(B2:C2).
Pada sel C3 ganti rumus =B3/C3 dengan rumus : =AVERAGE(B3:C3).
Pada sel C4 ganti rumus =B4*C4 dengan rumus : =PRODUCT(B4:C4).


Gunakan Rumus IFISNUMBER pada angka dan teks dalam satu sel

Penggunaan rumus =IF(ISNUMBER(A2), A2 ,–LEFT( A2 ,FIND(” “, A2 )-1))*B2 dalam melakukan perhitungan pada angka dan teks dalam satu sel seperti contoh di atas, sehingga total summary dapat menghasilkan nilai 870


Ubah format Teks dalam rumus EDATE

Saat melakukan perhitungan selisih tanggal, nilai #VALUE! muncul karena penggunaan format yang tidak sesuai.
Gunakan format DATE pada saat melakukan perhitungan selisih tanggal.

Error Lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *