Home » Belajar Excel Online » Tip & Trik » Cara Mengatasi #REF! pada Rumus Excel

Cara Mengatasi #REF! pada Rumus Excel

posted in: Error Excel, Tip & Trik

#REF! adalah singkatan dari reference yang merupakan pernyataan excel ketika terdapat rujukan (referensi excel) yang salah dalam rumus yang dimasukkan. #REF! error juga bisa terjadi akibat penghapusan baris atau kolom khususnya dalam membuat rumusan LOOKUPVLOOKUP, dan HLOOKUP. Dalam penggunaan rumus INDEX MATCH, rumusan juga akan mengalami #REF! error jika dalam pengambilan referensinya tidak tepat. Pada materi kali ini, akan membahas bagaimana cara mengatasi munculnya #REF! pada rumusan excel yang kita kerjakan.

Penyebab Error #REF! pada Excel

Kolom atau baris yang terhapus

ref excel error

Kesalahan yang sering menyebabkan munculnya error #REF! jika kolom atau baris yang menjadi referansi atau rujukan perhitungan terhapus . Pada contoh animasi di atas adalah error akibat terhapusnya kolom B .

Penyebab lain juga ditimbulkan dari terhapusnya worksheet yang berhubungan dengan rumus yang dikerjakan.

Misal saat melakukan perhitungan pada sheet1 dan database yang digunakan sebagai sumber ada pada sheet2. Bila sheet2 kita hapus, maka pada sheet1 akan muncul error #REF!.

Selain itu, terhapusnya workbook yang menjadi referensi data hitungan juga menjadi penyebab munculnya error #REF!


#Ref pada rumus VLOOKUP & HLOOKUP

#REF! error dapat terjadi pada penggunaan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP ketika salah dalam memasukkan nilai row_index_number atau col_index_num.

Pada contoh di atas adalah kesalahan yang terjadi akibat salah dalam memasukkan col_index_num pada rumus VLOOKUP. Jumlah kolom pada table_array hanya ada 3 kolom. Namun pada penggunaan rumus memasukkan angka 4.

Mengatasi #REF! pada Rumus Excel

Cara terbaik untuk mengatasi munculnya #REF! error pada excel adalah dengan memastikan seluruh nilai referensi kolom dan baris. Di bawah ini adalah beberapa cara memperbaiki error #REF! pada excel.

Periksa file excel sebelum save

Bila terjadi akibat penghapusan kolom atau baris yang terintegrasi dengan rumus perhitungan, maka sebaiknya periksa terlebih dahulu file excel yang kita kerjakan. Namun apabila terlanjur di-save, bisa dengan cara undo file excel dengan menekan CTRL +Z sampai rumus tidak menampilkan error #REF!.


Perbaiki rumus

Saat menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP, perhatikan jumlah baris atau kolomnya. Jika pada VLOOKUP jumlah kolomnya ada 3, maka maksimal nilai untuk col_index_number adalah angka 3. Sebab jika kita memasukan angka 4 maka akan terjadi error #REF!.

mengatasi ref

Pada INDEX ARRAY, jika dalam rumusan tidak menggunakan column_num dan pada row_num nya menggunakan referensi lebih dari satu kolom, maka akan menghasilkan nilai #REF! error. lihat contoh INDEX ARRAY disini


Error Lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *