Home » Belajar Excel Online » Tip & Trik » Cara Mengatasi #DIV/0 pada Rumus Excel

Cara Mengatasi #DIV/0 pada Rumus Excel

posted in: Error Excel, Tip & Trik

#DIV/0! dalam rumusan excel, akan muncul ketika semua bilangan dibagi dengan angka nol, atau ketika dalam suatu sel penjumlahan terdapat error #DIV/0! . Di bawah ini merupakan kesalahan-kesalahan yang dapat menimbulkan #DIV/0! serta cara mengatasi #Div/0! pada rumus excel.

Penyebab Error #DIV/0! pada Excel

#DIV/0! Bilangan dibagi angka nol

mengatasi #div/0!

Fungsi #DIV/0! berguna untuk memberitahukan bahwa ada yang salah pada hitungan atau rumusan yang kita kerjakan.

Pada dasarnya kesalahan #DIV/0! terjadi karena adanya bilangan dibagi dengan angka nol, tetapi kesalahan tersebut juga dapat muncul akibat adanya rumus yang mengandung #DIV/0!.

Cara terbaik untuk mengatasi kesalahan #DIV/0! adalah memastikan data yang diinput sudah benar dan memeriksa rumus yang digunakan.


#DIV/0! pada sel kosong

div 0 excel error

Sel yang kosong juga menjadi penyebab terjadinya kesalahan #DIV/0!. Contoh gambar di atas, terdapat #DIV/0! pada sel C2 yang diakibatkan karena adanya pembagian antara sel A2 dibagi dengan sel kosong pada sel B2.


#DIV/0! pada fungsi average


#DIV/0! dapat terjadi pada rumus AVERAGE, AVERAGEIF, dan AVERAGEIFS. Kesalahan ini bisa terjadi karena perhitungan rata-rata dalam excel tersebut merupakan sebuah teks .

Sebagai contoh (dalam gambar di atas); jika kita mengira bahwa pada sel A2 sampai A5 adalah sebuah bilangan atau angka, namun sebenarnya pada sel tersebut merupakan sebuah teks. Ini dapat terjadi apabila kita meng-copy data dari sumber website atau merupakan data tarikan dari server yang tidak ter-convert menjadi angka.

Mengatasi #DIV/0! pada Rumus Excel

#DIV/0! dapat terjadi saat melakukan perhitungan, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Cara mengatasi #DIV/0! yang muncul pada excel adalah dengan menggunakan fungsi IF.

Menambahkan Fungsi IF

Cara termudah mengatasi #DIV/0! adalah dengan menambahkan fungsi IF. Pada sel C2 gunakan rumus : =IF(B2=””,””,A2/B2). Setelah itu copy sel C2 ke sel C3 sampai C5. Maka kesalahan #DIV/0! dapat teratasi.

mengatasi #DIV/0 excel

Menambahkan Fungsi IF dan OR

Cara lain adalah dengan menggunakan penggabungan fungsi IF dan OR.
Pada sel C2 gunakan rumus : =IF(OR(B2=””, B2 =0),””,A2/B2). Setelah itu copy sel C2 ke sel C3 sampai C5. Maka kesalahan #DIV/0! dapat teratasi.

Mengatasi #DIV/0 Excel

Menambahkan Fungsi IFERROR

Cara yang termudah adalah dengan menggunakan rumus IFERROR.
Pada sel C2 gunakan rumus : =IFERROR(A2/B2,””). Setelah itu copy sel C2 ke sel C3 sampai C5. #DIV/0! akan hilang.

Pada Excel 2003, IFERROR tidak dapat digunakan. Fungsi ini hanya bekerja pad excel 2007 ke atas. Sebagai solusinya gunakanlah fungsi IF ISERROR dengan rumus :
=IF(ISERROR(A2/B2,””, A2/B2 ).

Memasukkan Pesan pada rumus “”

Kita dapat memasukkan perintah pada rumus IFERROR dengan cara menggunakan rumus :
=IFERROR(A2/B2,”Jumlah Unit 0″). Setelah itu copy sel C2 ke sel C3 sampai C5, maka nilai blank atau sel kosong pada munucl peringatan Jumlah Unit 0.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *