Home » Belajar Excel Online » Tip & Trik » Cara Memperbaiki NUM Error Excel

Cara Memperbaiki NUM Error Excel

posted in: Error Excel, Tip & Trik

Excel memiliki kapasitas terbatas dalam penggunaan angka. Maksimum limit excel untuk angka dengan format general dalam satu sel adalah sebanyak 15 digit. Misal dalam satu sel diketik 1234567890123456 dalam format general, maka angka tersebut tidak akan menampilkan angka keseluruhan. Angka yang muncul dalam excel adalah 1.23457E+15. Materi kali ini tentang penyebab dan memperbaiki num error excel.

Penyebab NUM error pada Excel

NUM error excel merupakan bentuk pernyataan excel ketika rumus atau fungsi berisi nilai numerik yang tidak valid. Berikut adalah penyebab NUM error pada excel.

Perhitungan akar kuadrat negatif


#Num! dapat terjadi pada penggunaan rumus excel SQRT, yaitu rumus untuk mencari akar kuadrat. SQRT diambil dari kata Square Root yang artinya akat kuadrat. Pada penggunaan rumus SQRT, jika nilainya dalam bentuk negatif akan menghasilkan #NUM! error.


Pembulatan FLOOR negatif


Rumus FLOOR dalam excel digunakan untuk membulatkan angka ke bawah ke kelipatan tertentu. Pada penggunaan rumus FLOOR, jika nilai significance atau nilai yang menjadi kelipatan dalam bentuk negatif, maka hasil yang didapatkan akan mengalami #NUM! error.


Pembulatan MROUND negatif


Sama halnya dengan Rumus FLOOR. Dalam penggunaan rumus excel MROUND, jika nilai yang menjadi kelipatan saat membulatkan angka dalam keadaan negatif, maka hasil yang didapat akan mengalami #NUM! error.

Penggunaan rumus MROUND sendiri berfungsi untuk mengembalikan angka yang dibulatkan ke kelipatan yang diinginkan. Jika nilai multiple atau nilai yang menjadi kelipatan dalam bentuk negatif, maka hasil yang didapatkan akan mengalami #NUM! error.


Angka melebihi kapasitas excel


Excel memiliki batasan ukuran angka yang dapat ditampilkan. Jika kita memasukkan angka yang terlalu besar atau terlalu kecil, maka hasil yang didapat akan menjadi #NUM! error.

Pada kasus gambar di atas, hasil rumus excel akan berubah menjadi #NUM! apabila angka yang dihasilkan melebihi kapasitas excel. Misal, pada sel C2 menghitung 10 pangkat 10.000 menghasilkan #NUM!

Angka yang terlalu kecil juga dapat menyebabkan munculnya #NUM! error. Pada sel C3 dilakukan perhitungan 1 dibagi 10 pangkat 10.000


IRR-Nilai investasi positif


Pada perhitungan keekonomian biasanya kita menggunakan rumus IRR untuk mencari estimasi nilai potensial dari sebuah invetasi. Jika menggunakan excel maka rumus yang digunakan adalah IRR.

Pada perhitungan IRR di atas, nilai IRR yang dihasilkan berupa #NUM!. Hal ini disebabkan nilai investasi awal pada tahun 2016 berupa angka positif. Penggunaan rumus IRR setidaknya membutuhkan nilai negatif sebagai nilai investasi awal.


Tanggal akhir lebih kecil dari tanggal awal

tanggal num error excel


Dalam menghitung selisih tanggal, rumus excel yang dapat digunakan adalah menggunakan fungsi DATEDIF. Fungsi DATEDIF dapat menghitung waktu antara tanggal mulai dan tanggal akhir periode dalam tahun, bulan, atau hari.

Namun jika menggunakan fungsi DATEDIF meletakkan tanggal terbalik, yaitu tanggal akhir lebih kecil dari pada tanggal awal, maka hasil yang didapat akan mengalami #NUM! error.

Pada gambar di atas, nilai pada sel C3 mengalami #NUM! error, dikarenakan tanggal akhir lebih muda atau lebih kecil dari pada tanggal awal

Menghindari NUM error pada Rumus Excel

Dari kesalahan-kesalahan yang terjadi di atas, berikut adalah cara memperbaiki munculnya NUM error pada excel.

Gunakan fungsi ABS

Fungsi ABS dalam excel adalah untuk menjadikan nilai negatif menjadi nilai positif. Agar hasil pada rumus SQRT, FLOOR, dan MROUND tidak mengalami #NUM! error maka tambahkanlah fungsi ABS.

Pada penggunaan fungsi FLOOR, sisipkan fungsi ABS pada nilai yang negatif. Contoh di atas adalah pada sel C2 dengan nilai hasil 10, maka pada sel B2 dimasukkan rumus :

=FLOOR(A2,ABS(B2)) — pada sel B2

Begitu juga dengan penggunaan fungsi MROUND, sisipkan fungsi ABS pada sel B3, sehingga nilai negatif 3 pada sel B3 menjadi positif 3, dan hasil yang dihasilkan pada C3 menjadi positif 9.

=MROUND(A2,ABS(B2)) — pada sel B3

Fungsi ABS mengembalikan nilai negatif 2 pada sel B2 menjadi positif 2, dan nilai negatif 3 pada sel B3 menjadi positif 3


Pada sel B3 gambar di atas dengan, sisipkan fungsi ABS setelah fungsi SQRT dengan rumus :

=SQRT(ABS(A1))

Maka nilai akar negatif 9 menjadi positif 3


Gunakan Data Validation

#NUM! sangat jarang terjadi ketika melakukan perhitungan dengan angka yang berada di luar kapasitas excel. Jika kita melakukan perhitungan 10^100 maka hasil yang diperoleh adalah 1E+100, namun jika 10^1000 maka hasil yang didapat akan menjadi #NUM! error

Meskipun jarang terjadi, kita bisa menggunakan alternatif penggunaan Data Validation di dalam excel untuk mencegah angka yang dimasukkan melebihi kapasitas perhitungan yang akan kita jalankan.

Untuk membuat Data Validation ikuti langkah berikut :

  1. Klik Data pada ribbon
  2. Klik Data Validation
  3. Pilih Setting, lalu pada Allow pilih Whole number
  4. Biarkan Data dalam mode between
  5. Ketik angka yang diinginkan. Misal jika ingin membatasi angka hingga 100 trilyun maka masukkan angka -100000000000000 pada nilai minimum
  6. Setelah itu ketik angka 100000000000000 pada nilai pada nilai maksimum
  7. Apabila ingin semua sel dibatasi nilainya maka pilih Apply these changes to all other cells with the same range

Setelah data validation terbentuk, maka jika perhitungan dengan hasil di atas atau di bawah nilai tersebut tidak akan bisa.


Investasi awal negatif pada IRR

Dalam menghitung efisiensi dari sebuah investasi diperlukan adanya perhitungan IRR atau Internal Rate of Return, yaitu untuk menghitung kelayakan sebuah investasi atau tidak. Jika IRR lebih tinggi dari modal yang dikeluarkan maka jangan ragu untuk melaksanakan sebuah investasi, namun jika sebaliknya sebaiknya hindari investasi tersebut. Keputusan untuk menerima atau menolak IRR itu sendiri bergantung kepada faktor lain yang mempengaruhi keputusan dari sebuah bisnis tersebut.

Pada penggunaan excel, jika nilai investasi awal berupa bilangan positif maka hasil yang dihasilkan dari perhitungan IRR akan mengalami #NUM! error.

irr num error

Perhatikan Tanggal Awal & Akhir pada fungsi DATEDIF

Dalam menghitung selisih tanggal, bulan, dan hari, dapat digunakan fungsi DATEDIF. Untuk menghindari munculnya #NUM! error perhatikan penempatan start_date dan end_date nya.

datedif num error excel


Pada sel C3 gambar di atas penempatan star_date harus berada sel A3 dan penempatan end_date harus berada pada sel B3. Apabila terbalik maka rumus akan menghasilkan #NUM!.

Bisa juga digunakan rumus IF. Contoh pada sel C3 gambar di atas yaitu :

=IF(A4>B4,DATEDIF( B , A4,”d”) ,DATEDIF( A4,B4 ,”d”))

maka hasil tidak akan mengalami error.

Untuk mengetahui tentang cara mengatasi error lainnya, silakan klik link materi-materi di bawah ini

Error Lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *