Home » Belajar Excel Online » Tip & Trik » Arti dari 11 Rumus Excel Error

Arti dari 11 Rumus Excel Error

posted in: Error Excel, Tip & Trik

Seringkali, ketika kita melakukan input rumus di excel mendapatkan hasil yang error. Salah satunya adalah ketika melakukan pembagian 5 / 0 = #DIV/0!. Excel akan menampilkan nilai error ketika suatu bilangan bulat dibagi dengan angka nol (0). Dalam artikel ini, ada beberapa error dalam excel yang akan dibahas dalam artikel ini.

#DIV/0! Error

div excel error

#DIV/0! berasal dari kata devided by zero yang artinya dibagi angka nol (0). Error akan muncul ketika semua bilangan bulat dibagi dengan angka nol (0). Kesalahan lainnya yang menyebabkan munculnya #DIV/0! diakibatkan dari sel yang terdapat penjumlahan berisi suatu angka dibagi dengan nol (0) atau suatu bilangan bulat dibagi dengan sel kosong. Pada sel C2 hasil menjadi error karena di dalam sel B2 tidak terdapat nilai atau blank. Pada sel C3 hasil menjadi error karena di dalam sel B3 terdapat angka nol (0)


#VALUE! Error

value excel error

#VALUE! error merupakan pernyataan dalam excel ketika terdapat kesalahan dalam pengetikan rumus atau pengambilan data dalam referensi rumus excel

#VALUE! error akan muncul dalam penulisan apabila tipe data pada sel tidak sesuai dengan nilai data yang tepat. Misal, jika nilai bilangan bulat dibagi dengan nilai TEXT (contoh di gambar : A2/B2), maka akan menghasilkan nilai error #VALUE. Dari gambar di atas, nilai error juga dapat terjadi jika nilai summary dari penjunlahan C1 sampai C4 terdapat nilai #VALUE!.

value excel

Excel juga akan menghasilkan nilai #VALUE! apabila terdapat spasi di dalam sel. Pada sel B10 sebenarnya tidak kosong, melainkan terketik spasi didalamnya .


#REF! Error

ref excel error

#REF! error merupakan pernyataan excel ketika terdapat rujukan (referensi excel) yang salah dalam rumus yang dimasukkan. #REF! error juga bisa terjadi akibat penghapusan baris atau kolom khususnya dalam membuat rumusan LOOKUP, VLOOKUP, dan HLOOKUP. Dalam penggunaan rumus INDEX MATCH, rumusan juga akan mengalami #REF! error jika dalam pengambilan referensinya tidak tepat.


#N/A Error

n/a excel

#N/A error dalam excel berasal dari kata not available. Kesalahan ini dapat terjadi ketika referensi tidak ditemuan dalam pencarian data dan paling banyak ditemukan dalam penggunaan rumus LOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP, dan MATCH.


#Name? Error

name excel error

#Name? error yang sering terjadi diakibatkan karena kesalahan penulisan rumus di excel. Misal, dalam penulisan rumus VLOOKUP tertulis VLOKUP.

name excel error

Kesalahan lain yang berakibat munculnya #Name? ini adalah penulisan text value tanpa penggunaan double quotes(” “), dan excel mengira penulisan tersebut adalah sebuah rumus atau fungsi.


#Num! Error

num excel

#Num! error dalam excel terjadi karena adanya perhitungan angka yang tidak dapat dilakukan excel. Misal, pada penggunaan rumus SQRT ketika melakukan perhitungan akar kuadrat.

num error

Pada kasus lain, hasil rumus excel akan berubah menjadi #NUM! apabila angka yang dihasilkan melebihi kapasitas excel. Misal, dalam melakukan perhitungan pangkat 10.000


#Null! Error

null excel

#Null! sangat jarang terjadi pada excel, namun bisa saja terjadi ketika dalam penulisan rumus excel dengan cara manual (diketik satu persatu). Dalam kasus gambar di atas, #Null! terjadi karena tidak menulisan pemisah syntak berupa koma ( , ) .


##### (Hashtag) Error

### excel error
gambar.1
(klik untuk perbesar)
#### error
gambar.2
(klik untuk perbesar)

hashtag error excel
gambar.3
(klik untuk perbesar)

Hashtag error dalam excel dapat terjadi karena :

  • Sel yang menampilkan tanggal terlalu kecil (gambar.1)
  • Sel yang berisi nilai perhitungan dengan format date (gambar.2)
  • Sel yang berformat tanggal berisi nilai negatif (gambar.3)

#CALC! Error

#CALC! error terjadi ketika rumus mengalami kesalahan perhitungan dengan array. #CALC! error merupakan fitur baru yang hanya ada pada Excel 365, Excel Web, Excel 2021, Excel untuk iPhone & Android.

calc error

Contoh #CALC! di atas adalah ketika melakukan filter data untuk nama produk G berubah menjadi #CALC!, karena nama produk G tidak ada di dalam list. Namun ketika dilakukan filter nama produk A maka hasil pada row 2 muncul pada sel E3 hingga G3


#SPILL! Error

#SPILL! error terjadi ketika rumus excel diblok oleh karakter tertentu pada sel dalam rentang kolom tersebut. #SPILL! error merupakan fitur baru yang hanya ada pada Excel 365, Excel Web, Excel 2021, Excel untuk iPhone & Android.

spill excel error

Contoh #SPILL! di atas adalah ketika melakukan pengelompokan data pada tabel A2:A15 dengan penggunaan rumus UNIQUE, hasil menjadi #SPILL!.
Pada sel E1 dimasukkan rumus UNIQUE, dan secara otomatis melakukan filtrasi dari data sebelah kiri. Namun pada sel E10 muncul hasil #SPILL! dikarenakan ada karakter “x ” pada sel E13. Karakter “x” tersebut memblok rumus otomatis yang dibuat excel.


GETTING DATA

GETTING DATA sebenernya bukanlah error, Hal ini terjadi karena proses kalkulasi data yang memerlukan waktu tambahan lebih lama. Contoh pada gambar di bawah ini adalah getting data ketika melakukan import data dari eksternal (contoh : get data from web / import data from a webpage), yang terkadang membuat excel menjadi not responding.

getting data

Cara Mengatasi Error

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.